Cara Menyimpan Makanan dalam Lemari Es

Menyimpan Daging

Bungkuslah terlebih dahulu daging yang akan disimpan dengan kertas lilin atau plastic. Tempatkan daging pada meat tray dan atur suhunya di -1 oC karena titik beku daging adalah -2 oC. Jika lemari es memiliki tempat pentimpanan daging maka akan lebih tahan lama kuran lebih satu minggu dan jika tidak hanya 3 hari saja.

Menyimpan Makanan yang Telah Masak

Bungkuslah makanan yang sudah masak dan kemudian segera masukkan ke lemari es supaya tetap terjaga kualitasnya dan simpan pada tempat yang sesuai.

Menyimpan Ikan

Besihkan terlebih dahulu ikan tersebut dan Bungkuslah ikan tersebut dengan kertas tipis atau plastic supaya tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika ikan ingin disimpan dalam waktu yang lama maka bekukan pada suhu -15 oC. Jika ikan yang telah dikeluarkan dan telah dimaska dan sisanya jangan dibekukan lagi karena itu akan menyebabkan pembusukan dan keracunan.

Menyimpan Susu

Susu yang disimpan harus susu murni,segar,dan bersih. Panaskan terlebih dahulu selama 25 menit sampai tercapai suhu 65 oC untuk membunuh kuman – kuman dalam susu. Simpan pada suhu 4-10 oC setelah dibungkus dengan plastic atau dengan kaleng.

Menyimpan Telur

Cucilah telur terlebih dahulu supaya kotorannya hilang pada kulitnya. Telur harus tetap kering karena jika telur yang kulitnya basah akan berkembang biak jamur dan kuman. Simpan pada suhu 10-16 oC.

Menyimpan Keju

Bungkuslah keju dengan plastic,alumunium dan lain – lain. Jika masih dalam kaleng , buka dulu, bungkus dengan plastic tipis dan kemudian simpan pada lemari es dengan setting suhu 16 oC .

Menyimpan Margarine dan Mentega

Simpanlah pada suhu 16 oC , buka dulu kalengnya dan tutupi dengan plastic tipis sebelum dismpan di lemari es.

Menyimpan Botol dan Kaleng

Janganlah menyimpannya pada suhu 0 oC karena akn menyebabkan cairan didalam botol atau kaleng membeku sehingga kaleng akan rusak atau botol akan pecah.

Menyimpan Es Krim

Es krim yang baik mutunya disimpan pada suhu -20 oC dan untuk membuat es krim sttimglah pada -29 oC dan aduk secara terus menerus supaya menghasilkan kristal yang halus.

Menyimpan Buah dan Sayuran

Cucilah sebelum disimpan kemudian keringkan, simpan pada lemari es dengan seting suhu 4-7 oC.Jangan menyimpan pisang dibawah suhu 13 oC Karen akan timbul bintik – bintik hitam pada pisang.

~ by lnhgroup on January 7, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: